- Kepala silinder (cylinder head) 1. Fungsi 2. Tujuan 3. KomponenRuang dimana proses pembakaran terjadi disebut ruang bakar.Macam ruang bakar motor 2 tak: Gb. 2.9 Bentuk ruang bakar setengah bulat
- Macam ruang bakar motor 4 tak.Ruang bakar langsung Gbr. 2.10 Macam Ruang bakar langsung
- Tabel. Perbedaan kontruksi kepala silinder dari mesin dua langkah dan empat langkahNama Bagian Komponen Dan kontruksi Komponen Dan Kontruksi mesin 4 lankah mesin 2 langkah Kepala silinder * Katup Ruang bakar dan Dudukan busi * Poros pengungkit (cam) atau nokn As * Ruang bakar * Dudukan busi * Lubang masuk (inlet port) * Lubang pembuangan (exhaust port)
- Pada motor 2 tak konstruksi kepala silinder lebih sederhana dibandingkanpada motor 4 tak. Kepala silinder motor 2 tak terdapat busi dan sirippendingin, sedangkan pada motor 4 tak terdapat katup, roker arm, poros nok,busi dan saluran pelumas poros nok dan katup. Melepas kepala silinder motor2 tak cukup melepas baut pengikatnya, sedangkan pada motor 4 tak harusmelepas rantai penggerak nok (timing cains). Gb. 2.12 Perbedaan konstruksi kepala silinder 2 tak dengan 4 tak
- Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang kepala silinder antara lain:• Bahan : besi tuang atau campuran almunium. Campuran almunium lebih sering digunakan karena ringan, penghantar panas yang baik sehingga memungkinkan merencanakan motor putaran tinggi dan kecepatan tinggi.• Letak busi : letak busi harus memungkinkan busi mendapatkan campuran gas baru sebagai upaya pendinginan. Lokasi busi yang baik adalah dipusat sehingga tekanan pembakaran menyebar dan menekan piston lebih merata.• Saluran : saluran masuk dan buang harus didisain untuk meningkatkan torbulansi aliran agar campuran lebih homogen. Hindari sudut mati aliran karena dapat menyebabkan terjadi timbunan karbon pada saluran maupun pada katup.• Bentuk ruang bakar : bentuk ruang bakar harus memungkinkan terjadi torbulensi aliran, proses perambatan panas yang merata, tekanan pembakaran yang menghasilkan daya dorong ke piston paling optimal, tidak ada sudut mati agar tidak terjadi penumpukan karbon di dalam silinder sehingga dapat menyebabkan detonasi.
- Gb. 2.13 Torbulensi aliran pada ruang bakar motor 4 takGb. 2.14 Ruang bakar TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber) pada Suzuki Thunder GSX 250
- Di bagian kepala silinder terdapat bagian yang disebutsquish area. Squish area berfungsi untuk mengatur pemusatancampuran bahan bakar yang masuk ke arah busi, torbulensialiran dan distribusi tekanan hasil pembakaran pada piston.Squish dengan sudut yang terlalu kecil yaitu mendekati nolmemungkinkan campuran terjebak di squis area, sehinggatorbulensi lemah, temperatur tinggi, peluang detonasi tinggi.Sudut squish yang terlalu besar proses torbulensi lemah dandistribusi tekanan hasil pembakaran kurang terpusat. Sudutsquish area yang banyak digunakan adalan 5 – 15ยบ. Selain squisharea, torbulensi aliran sangat ditentukan dari disain manifolddan intake port. Bagian yang sering menghambat aliran padamanifold adalah valve guide. Adanya valve guide menyebabkanluasan manifold menyempit dan terjadi pusaran alirandibelakang valve guide. Pusaran aliran akan menghambatcampuran bahan bakar yang masuk ke dalam silinder.
- Gb. 2.15 Luas tiap bagian saluran
- PEMERIKSAAN KEPALA SILINDER Kerataan permukaan Batas Service = 0,05 mm (NF100) 0,10 mm (Mega Pro/Tiger) Keretakan, keausan lubang busi Ukur panjang bebas pegas-pegas katup bagian dalam dan luar. BATAS SERVIS : (NF100) Bagian dalam : 30,9 mm Bagian luar : 34,0 mm Masukkan katup ke dalam bos katup dan periksa apakah katup bergerak dengan lancar. Periksa setiap katup terhadap adanya kebengkokan, bekas terbakar, goresan atau keausan pada tangkai katup yang tidak normal.
- Ukur dan catat diameter luar tangkai katup. BATAS SERVIS : (NF100) Masuk : 4,92 mm Buang : 4,92 mm• Lakukan reamer pada bos katup untuk menghilangkan timbunan kerak-kerak karbon sebelum mengukur bos katup.• Masukkan reamer dari sisi ruang pembakaran pada kepala silinder dan putarlah reamer selalu searah dengan jarum jam.• KUNCI PERKAKAS Valve guide reamer 07984-0980001 (Sport) Valve guide reamer 07984-MA60001 (Cub)
- Ukur dan catat diameter dalam masing-masing bos katup dengan Dial Gauge dan Inside Micrometer. Hitung kelonggaran tangkai katup ke bos katup. BATAS SERVIS : (NF100) Masuk: 0,08 mm Buang: 0,10 mm Jika kelonggaran tangkai katup ke bos katup melebihi batas servis: Ganti bos katup yang baru Ganti bos katup baru dan katupnya. Sekir dudukan klep jika bos klep diganti
- PENGGANTIAN BOS KLEPMELEPASTopanglah kepala silinder dan dorong keluar bos klepdari bagian atas ruang bakar. ALAT PERKAKAS : (Cub)• Valve guide driver 5,0 mm: 07942 - MA60000MEMASANGDinginkan bos klep pengganti di freezer selamakurang lebih satu jam. MELEPAS BOS KLEPPanaskan kepala silinder sampai 100-150° C denganoven.Dorong masuk bos dari bagian atas kepala silinder.ALAT PERKAKAS : (Cub)•Valve guide driver 5,0 mm : 07942 - MA60000Biarkan kepala silinder mendingin sampai mencapaisuhu kamar. MEMASANG BOS KLEP 13
- PROSES REAMER BOS KLEPReamerlah bos klep baru setelahpemasangan.Masukkan reamer dari arah atas ruang bakardan putar selalu reamer searah dengan arahjarum jam.ALAT PERKAKAS :• Valve guide reamer 07984 - MA60001CATATAN :Gunakan minyak mesin bubut pada reamerselama pengerjaan ini. 14
- PEMERIKSAAN DUDUKAN KLEP• Bersihkan klep masuk dan buang .• Oleskan dengan tipis penanda (prussian blue) pada dudukan-dudukan klep. Putar klep-klep terhadap dudukannya dengan ibu jari dalam satu arah.• Lepaskan dan periksa klep-klep.• Periksa lebar dari masing-masing dudukan klep, NF 100 : STANDAR : 1,0 mm dengan melihat dan mengukur kontak klep dan BATAS SERVIS : 1,6 mm dudukannya. 15
- PROSES SKIR KLEPUntuk merapatkan kontak permukaan daunklep dengan dudukan klep dilakukan skir klep .Lapisi permukaan daun klep dengan ambril(pasta skir) dan skir klep dengan memutar klepterhadap dudukannya menggunakan tekananringan dan searah.Setelah selesai menskir, cucilah sisa-sisa ambrildari kepala silinder dan klep.Periksa kembali kontak antara klep dandudukannya dan pastikan tidak ada kebocoran.CATATANHati-hatilah agar amril tidak sampai masukdiantara tangkai klep dan bos klep. 16
Sabtu, 16 Agustus 2014
Over houl kepala sillinder
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar